Segmenting
1. Segmentasi Geografis
Produk yang dijual saat ini tersebar di Kota Bogor dan sekitarnya . Dengan melakukan penjualan secara online, produk ini bisa tersebar lebih luas lagi.
2. Segmentasi demografis
Produk dessert box yang ditawarkan dapat dikonsumsi oleh seluruh kalangan usia mulai dari anak kecil, remaja, dewasa hingga orang tua karena produk yang di tawarkan bukan merupakan produk khusus yang hanya dapat dikonsumsi oleh kalangan usia tertentu.
3. Segmentasi psikografis
Produk yang ditawarkan sangat cocok untuk orang yang memiliki gaya hidup dengan kesenangan atau hobby untuk mencoba makanan baru yang mungkin belum pernah ditemui sebelumnya di lingkungan tempatnya berada. Produk yang di tawarkan memiliki kualitas yang baik sehingga konsumen tidak perlu merasa khawatir akan kesenangan atau hobby mereka dalam ‘ngemil’.
4. Segmentasi perilaku
Produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik dengan kandungan bahan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi oleh kansumen. proses produksi yang bersih, menjadikan kualitas dan cita rasa makanan yang ditawarkan dapat memberikan kepuasan.
Targeting
Target utamanya adalah masyarakat yang memiliki kesenangan untuk mencoba makanan yang jarang ditemui dengan memberikan produk berkualitas yang aman untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Sasaran pendistribusian dilakukan dengan cara online melalui media instagram, WhatsApp yang sering diakses atau digunakan oleh konsumen dalam mencari informasi selain itu ada sistem Reseller dan Cash on Delivery untuk sekitar Bogor.
Positioning
Dengan slogan " If you are satisfied, tell orthers. If you don't, tell us" pemilik produk ingin memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa jika kamu puas dengan rasa produknya maka beritahu orang lain untuk mencicipi nya namun jika tidak kamu bisa memberikan saran kepada sang pemilik produk.
Dalam hal ini produk tersebut merupakan Cost Leadership karena produk dijual dengan harga yang terjangkau sehingga konsumen tidak merasa diberatkan dengan harga yang mahal untuk menikmati dessert box dengan banyak pilihan rasa baru.
Hal berikut yang dilakukan untuk memenuhi kepuasan konsumen :
•Pelayanan yang ramah dalam menghadapi konsumen sehingga konsumen tidak ragu untuk bertanya lebih lanjut tentang produk yang dijual.
•Fast response dalam memberikan feedback kepada pelanggan sehingga pelanggan tidak merasa proses transaksi begitu lama dan dapat melakukan repeat order untuk pembelian produk lain.
•Menjaga kualitas makanan atau produk yang dijual dengan bahan yang berkualitas baik dan aman untuk dikonsumsi.
•Menetapkan harga yang wajar untuk berbagai produk makanan yang dijual sehingga konsumen tidak perlu menanggung harga yang mahal untuk menikmati makanan dengan cita rasa yang enak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar