Segmenting
1.
Segmentasi Geografis
Produk yang dijual saat ini tersebar di
Kota Bogor dan sekitarnya . Dengan melakukan penjualan secara online, produk
ini bisa tersebar lebih luas lagi.
2.
Segmentasi demografis
Produk dessert box yang ditawarkan dapat
dikonsumsi oleh seluruh kalangan usia mulai dari anak kecil, remaja, dewasa
hingga orang tua karena produk yang di tawarkan bukan merupakan produk khusus
yang hanya dapat dikonsumsi oleh kalangan usia tertentu.
3.
Segmentasi psikografis
Produk yang ditawarkan sangat cocok untuk
orang yang memiliki gaya hidup dengan kesenangan atau hobby untuk mencoba
makanan baru yang mungkin belum pernah
ditemui sebelumnya di lingkungan tempatnya berada. Produk yang di tawarkan
memiliki kualitas yang baik sehingga konsumen tidak perlu merasa khawatir akan
kesenangan atau hobby mereka dalam ‘ngemil’.
4.
Segmentasi perilaku
Produk yang ditawarkan memiliki kualitas
yang baik dengan kandungan bahan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi
oleh kansumen. proses produksi yang bersih, menjadikan kualitas dan cita rasa
makanan yang ditawarkan dapat memberikan kepuasan.
Targeting
Target utamanya adalah masyarakat yang
memiliki kesenangan untuk mencoba makanan yang jarang ditemui dengan memberikan
produk berkualitas yang aman untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga
mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Sasaran pendistribusian
dilakukan dengan cara online melalui media instagram, WhatsApp yang sering
diakses atau digunakan oleh konsumen dalam mencari informasi selain itu ada
sistem Reseller dan Cash on Delivery untuk sekitar Bogor.
Positioning
Dengan slogan " If you are satisfied,
tell orthers. If you don't, tell us" pemilik produk ingin memperkenalkan
kepada masyarakat luas bahwa jika kamu
puas dengan rasa produknya maka beritahu orang lain untuk mencicipi nya namun
jika tidak kamu bisa memberikan saran kepada sang pemilik produk.
Dalam hal ini produk tersebut merupakan
Cost Leadership karena produk dijual dengan harga yang terjangkau sehingga
konsumen tidak merasa diberatkan dengan harga yang mahal untuk menikmati
dessert box dengan banyak pilihan rasa baru.
Hal berikut yang dilakukan untuk memenuhi
kepuasan konsumen :
•Pelayanan yang ramah dalam menghadapi
konsumen sehingga konsumen tidak ragu untuk bertanya lebih lanjut tentang
produk yang dijual.
•Fast response dalam memberikan feedback
kepada pelanggan sehingga pelanggan tidak merasa proses transaksi begitu lama
dan dapat melakukan repeat order untuk pembelian produk lain.
•Menjaga kualitas makanan atau produk yang
dijual dengan bahan yang berkualitas baik dan aman untuk dikonsumsi.
•Menetapkan harga yang wajar untuk berbagai
produk makanan yang dijual sehingga konsumen tidak perlu menanggung harga yang
mahal untuk menikmati makanan dengan cita rasa yang enak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar